Jumat, 10 Juli 2009

Dust Proof


Teringat sewaktu kecil saya sering mengkorek korek untuk membersihkan lubang tempat slot pintu bagian bawah yang ditanam dilantai teraso,karena seringnya dipenuhi oleh pasir, kotoran atau debu halus.

Sebelum kotoran dikeluarkan dari lubang tersebut ,maka pintu tidak dapat dikunci dengan benar karena slot bawahnya terganjal oleh kotoran dilubang.
Jaman sekarang sudah ditemukan solusinya dengan memakai Dust proof yang bentuknya silinder dengan bagian dasarnya tertutup mati dan bagian atasnya tertutup dengan penahan “PER:”.
Dalam keadaan tidak digunakan maka debu kotoran tidak dapat masuk kedalam tabung karena “PER” menekan tutup atas tabung dan sewaktu digunakan maka slot pintu bawah akan menekan “PER”dust proof sampai kedasar lubang.

Ukuran dust proof bervariasi tergantung ukuran slot bawah pintu dan merk dari dustproof tersebut,tetapi yang paling sering dijumpai dipasaran ukuran silinder dengan jari jari 1cm dan tinggi silinder 3,5cm.

Agar Dust proof dapat tertanam dengan baik maka kita perlu membuat lubang seukuran diameter dari dustproof tersebut.
Kesulitan didapat apabila kita harus melubangi lantai keramik atau granit yang terpasang dibawah pintu,apabila tidak berhati hati akan menyebabkan lantai tersebut pecah sewaktu kita membuat lubang.
Untuk mengatasi kesulitan tersebut kita dapat mengebor lubang dengan mata bor khusus untuk membuat lubang dengan kekerasan mata bor disesuaikan dengan jenis lantai yang akan dilubangi.
Ada baiknya kita membuat mal dari triplek yang dilubangi agar mata bor terfokus kelantai yang akan dilubangi sehingga tidak bergeser kekiri dan kekanan.

By: Markus

Tidak ada komentar: